Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia. Pengertian media online dibagi dua, yaitu pengertian secara umum dan khusus. Secara umum, pengertian media online adalah sarana komunikasi yang tersaji secara online di internet, seperti situs web (website) dan aplikasi (app). Aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan Telegram termasuuk media online dalam pengertian umum.
Disebut juga media daring (dalam jaringan), media online dalam pengertian umum adalah segala jenis atau format media yang hanya dapat diakses melalui koneksi internet yang berisikan teks, foto, video, dan suara (audio).
Pengertian Media
Istilah media sendiri dalam konteks komunikasi massa adalah singkatan dari “media massa” atau “media komunikasi massa”.
Menurut Leksikon Komunikasi, media massa adalah sarana untuk menyampaikan pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas, misalnya radio, televisi, dan surat kabar.
Menurut Cangara (2010), media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio, dan televisi.
Dalam literatur ilmu komunikasi, media massa mempunyai karakteristik sebagai berikut dari fokusmedia.id:
- Publisitas: disebarluaskan kepada khalayak luas
- Universalitas: pesan atau isinya bersifat umum
- Periodisitas: terbit tetap atau berkala (rutin)
- Kontinuitas: berkesinambungan
- Aktualitas: berisi hal-hal baru.
Cangara menyebutkan karakteristik media massa sebagai berikut:
1. Melembaga
Pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yakni mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
2. Satu Arah
Komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalaupun terjadi reaksi atau umpan balik, biasanya memerlukan waktu dan tertunda.
3. Meluas dan serempak
Dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, karena ia memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, dimana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang dalam waktu yang sama.
4. Menggunakan alat
Memakai peralatan teknis atau mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan semacamnya.
5. Bersifat terbuka
Pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan dimana saja tanpa mengenal batas usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.
Karakteristik Media Online
Karakteristik utama media online adalah hanya bisa diakses melalui internet. Asep Syamsul M. Romli (2012), menyebutkan karakteristik media online sebagai berikut:
1. Multimedia
Dapat memuat atau menyajikan berita/informasi dalam bentuk teks, audio, video, grafis dan gambar secara bersamaan.
2. Aktualitas
Berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
3. Cepat
Saat berita diposting atau diuploud, berita dapat langsung diakses oleh semua orang.
4. Update
Pembaruan (updating) informasi dapat dilakukan dengan cepat baik dari sisi konten maupun redaksional, misalnya dalam kesalahan ketik/ejaan.
5. Kapasitas luas
Halaman web bisa menampung naskah sangat panjang.
6. Fleksibilitas
Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan dimana saja, juga jadwal terbit (update) bisa kapan saja, setiap saat.
Jenis-jenis Website
Website adalah media online utama selain aplikasi. Jenis-jenis website dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Mesin Pencari (Search Engine)
Mesin pencari atau mesin telusur adalah situs web yang menjadi gerbang atau pintu masuk menuju berbagai informasi yang tersedia di internet, seperti Google, Bing, dan Yahoo!
2. Portal
Portal adalah website yang menyediakan beraneka ragam jenis informasi, yaitu portal berita (news portal) atau situs berita, seperti Detikcom, Republika Online, Antaranews, dan sebagainya. Ini yang disebut media online dalam pengertian khusus.
3. Media Sosial
Media sosial adalah situs web yang menjadi forum interaksi pengguna internet yang dikenal sebagai warga internet (warganet) atau internet citizen (netizen), Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram.
Media sosial menjadi sarana pertemanan, berbagi informasi, mengobrol, atau sekadar bertegur sapa.
4. Company Profile
Company profile adalah website lembaga atau perusahaan berisikan profil, visi, misi, tujuan, produk, layanan, dan kegiatan lembaga.
5. e-Commerce
Disebut juga toko online (online store/online shop), website ini merupakan toko online sebuah bisnis perdagangan yang menjual produk atau jasa.