Apa manfaat toko online bagi penjual bagi keberlangsungan bisnis Anda? Dengan peningkatan yang dihasilkan oleh promosi sosial media dan situs web, memiliki toko online telah menjadi cara yang sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi.
Toko online menawarkan banyak cara bagi penjual untuk menjangkau konsumen dan melakukan bisnis tanpa perlu membuka sebuah toko offline. Penting untuk menganalisis bisnis Anda agar bisa merasakan lebih lanjut manfaat penjualan online jauh. Mari lihat beberapa manfaat dari membuka toko online untuk bisnis Anda.
Manfaat Toko Online untuk Bisnis Anda
Ketika Anda membuka toko di lokasi kota misalnya, Anda mendapatkan hasil langsung dalam hal visibilitas. Memang, jika Anda juga diposisikan di lokasi yang strategis (alun-alun kota misalnya), dampaknya akan signifikan karena orang yang lewat di jalan akan segera melihat bagian depan toko.
Itulah salah satu alasan mengapa penting untuk menjaga bagian depan, menampilkan promosi dan produk unggulan. Selain itu, berbicara tentang visibilitas dalam hal produk, pelanggan, yang tidak mengenal kemajuan Internet, akan lebih suka dan ingin melihat dan menyentuh produk yang mereka minati.
Di toko fisik, Anda dapat dengan cermat melihat pakaian dan melihat dari bahan apa itu dibuat. Beberapa orang juga menghargai interaksi dengan penjual yang akan dapat memberi saran dan membimbing mereka dengan benar tentang pembelian yang tepat untuk dilakukan.
Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki banyak modal untuk menyewa sebuah toko? Tentu membuat sebuah toko online adalah solusi yang paling mudah dan sangat terjangkau bukan?
Biaya overhead yang rendah
Secara umum, toko online biayanya lebih murah untuk didirikan dan dijalankan daripada toko fisik, meskipun penting untuk menyadari bahwa membuat toko online berfungsi membutuhkan investasi yang berkelanjutan.
Perbedaan biaya dapat turun menjadi jutaan dan puluhan juta yang dihabiskan untuk sewa tempat, biaya pemeliharaan, pajak properti, asuransi dll. Di atas semua biaya ini, biasanya pemilik toko fisik harus mempekerjakan lebih banyak karyawan. Namun dengan toko online, biaya awal hanya sebagian kecil dari biaya keseluruhan yang harus Anda keluarkan ketika membuka toko offline..
Jangkauan Pelanggan yang Diperluas
Sebagai penjual toko online, Anda dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan yang lebih cepat daripada toko offline karena penjualan online menawarkan keuntungan memiliki toko yang selalu buka 24 jam sehari, dan tujuh hari seminggu. Menjual secara online juga memungkinkan Anda sebagai penjual untuk menampilkan barang dagangan di bagian mana pun di dunia tanpa biaya tambahan.
Fleksibilitas yang Lebih Besar
Toko online dapat diperbarui secara instan dan sesering yang Anda suka – misalnya, untuk mempromosikan ‘transaksi hari ini’ di halaman depan Anda, tanpa perlu bahan tampilan yang mahal.
Ambil contoh misalnya, Anda bisa mengubah harga suatu produk, dengan toko online yang Anda kelola sendiri, harga produk yang Anda jual dapat diubah dan Anda juga bisa menambahkan produk jualan apapun yang baru.
Memiliki toko online juga membuat Anda terhindar dari kendala ruang sehingga Anda dapat menampilkan dan menjual produk sebanyak yang Anda inginkan, dan bahkan produk non-musiman selalu dapat tersedia kapan saja.
Hasil Pemasaran Online yang Bisa untuk Anda Ukur
Pemilik bisnis menemukan bahwa mereka dapat menjangkau lebih banyak pelanggan yang berkualitas dengan penargetan yang lebih baik, sehingga meningkatkan peluang promosi online dan menurunkan biaya pemasaran Anda.
Dengan peningkatan profil pelanggan, peluang untuk menargetkan produk dan layanan pada kelompok tertentu berdasarkan pada pembelian data jauh lebih mudah dengan analitik yang baik dibangun ke dalam situs web Anda. Selain itu, dengan investasi dalam optimasi mesin pencari sebuah toko online menjadi lebih mudah diakses oleh pelanggan yang mencari produk Anda.