Teknologi mengubah cara pandang seseorang dalam berbisnis. Sebagai contoh, bisnis tidak bisa lagi dilakukan secara konvensional yakni dengan membuat toko fisik dan berharap pelanggan datang begitu saja. Pendekatan bisnis modern lebih dari itu. Bukan hanya menunggu pelanggan datang, kamu harus bisa memancing mereka untuk mengetahui eksistensi atau keberadaan bisnis kamu.
Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memasang iklan. Pemasangan iklan juga tidak bisa lagi melakukan cara yang konvensional. Contohnya, memasang iklan di billboard besar di pinggir jalan ataupun di televisi. Mungkin, iklan tersebut masih relevan namun apakah cukup targeted ke pasar yang kamu bidik? Tentunya tidak.
Bagaimana cara menentukan iklan yang targeted dengan pasar kamu? Salah satu cara terbaiknya bisa dibilang melalui sosial media. Itulah kenapa, saat ini semakin banyak Influencer Selebgram Medan dadakan yang bisa mendulang uang dengan mempromosikan bisnis-bisnis tertentu.
Berapa harga postingan influencer di Indonesia?
Dalam data yang dimuat, Getcraft mengatakan jika mereka melakukan riset berdasarkan dari data total sekitar 714 influencer yang ada di Indonesia. Data tersebut kemudian dikategorikan berdasarkan besaran followers masing-masing dari mereka. Cara yang dilakukan adalah dengan melakukan random sampling dengan tujuan untuk mendapatkan harga rata-rata dari setiap pos.
Lebih lanjut, postingan yang dihitung itu berdasarkan dari tiga hal, yakni Instagram Foto, Instagram Video dan Instagram Stories. Di bawah ini, akan dibedah satu persatu berapakah harga rata-rata postingan mereka.
Sebelumnya, pengkategorian influencer dibedakan ke dalam 8 level yang berbeda yaitu:
- Micro I: 1000 – 24.999
- Micro II: 25.000 – 49.999
- Micro III: 50.000 – 99.999
- Macro I: 100.000 – 249.999
- Macro II: 250.000 – 499.999
- Premium I: 500.000 – 749.999
- Premium II: 750.000 – 999.999
- Celebriti: 1.000.000 – lebih.
Dari total pengkategorian tersebut, didapatkan harga rata-rata influencer di Indonesia. Angka di bawah merupakan perkiraan tidak mungkin bisa menjadi harga mutlak. Namun, harga tersebut bisa menjadi benchmark jika kamu mau menyewa mereka untuk mempromosikan bisnis kamu.
Postingan Foto Instagram
Data pertama diambil berdasarkan postingan foto Instagram. Setiap influencer mempunyai persyaratan yang berbeda, mulai dari jam postingan, berapa hari postingan akan bertahan hingga bahasa yang akan digunakan di caption. Semuanya bisa diatur sesuai dengan ketentuan yang disepakati oleh kedua pihak yang terlibat.
Lantas, terlepas dari persyaratan-persyaratan itu semua, berapa harga postingan yang diterapkan oleh mereka?
Jumlahnya berkisar dari 1 juta rupiah hingga 20 juta rupiah. Namun jika dirata-rata, akan didapatkan angka seperti ini:
- Micro I: Rp. 1.321.454 (1.659 estimated reaches)
- Micro II: Rp. 1.850.630 (3.615 estimated reaches)
- Micro III: Rp. 2.557.654 (7.227 estimated reaches)
- Macro I: Rp. 4.552.451 (15.587 estimated reaches)
- Macro II: Rp. 7.220.000 (35.993 estimated reaches)
- Premium I: Rp. 9.500.000 (62.069 estimated reaches)
- Premium II: Rp. 9.900.000 (87.986 estimated reaches)
- Celebriti: Rp. 16.702.703 (345.020 estimated reaches)
Walaupun Micro I memiliki perkiraan engagement yang lebih kecil, namun banyak brand yang mau mengajak mereka bekerja sama. Alasannya adalah karena followers mereka masih cukup segmented dengan jenis target audiences yang diinginkan oleh sebauh brand tersebut.
Postingan Instagram Video
Effort dalam membuat postingan berbentuk video jauh lebih besar dibandingkan dengan foto. Karena dalam beberapa kasus, pihak brand ingin video yang dibuat tidak sembarangan sehingga harga untuk sebuah postingan berbentuk video jauh lebih mahal dibandingkan dengan foto. Namun, postingan video biasanya memang memberikan tingkat ketertarikan yang lebih besar pula.
Jadi, berapa harga rata-rata untuk satu postingan video?
- Micro I: Rp. 2.760.560 (1.596 estimated reaches)
- Micro II: Rp. 4.188.690 (3.650 estimated reaches)
- Micro III: Rp. 5.472.059 (7.461 estimated reaches)
- Macro I: Rp. 7.749.419 (15.804 estimated reaches)
- Macro II: Rp. 12.331.132 (35.772 estimated reaches)
- Premium I: Rp. 13.107.142 (61.023 estimated reaches)
- Premium II: Rp. 18.970.558 (86.742 estimated reaches)
- Celebriti: Rp. 27.718.750 (357.758 estimated reaches)
Video biasanya jauh lebih mudah trending apabila mendapatkan banyak views di Instagram. Lebih lanjut, video yang durasinya cukup panjang juga bisa dimasukkan ke dalam IGTV untuk mencari sponsor-sponsor lainnya.
Postingan Instagram Stories
Instagram stories kerap dikatakan menjiplak fitur milik Snapchat. Namun sejak tahun 2016 hingga saat ini, Instagram Stories ternyata mampu untuk menarik brand untuk mempromosikan produk mereka. Dari segi harga, Instagram Stories lebih murah dibandingkan dua jenis lainnya karena ini cuma bertahan sekitar 24 jam saja.
- Micro I: Rp. 983.333
- Micro II: Rp. 1.270.291
- Micro III: Rp. 1.570.604
- Macro I: Rp. 2.253.080
- Macro II: Rp. 4.089.583
- Premium I: Rp. 4.608.108
- Premium II: Rp. 4.714.286
- Celebriti: Rp. 8.028.571
Kurang lebih, itu adalah harga rata-rata yang harus dikeluarkan sebuah brand untuk mengajak kolaborasi influencer. Apakah kamu punya pengalaman yang unik ketika mengajak mereka kolaborasi? Komentar di kolom bawah ini ya.